Monday, July 7, 2014

Melek Finansial

Foto diambil di sini

Saat teman bercerita bahwa tempat kerjanya tidak menyediakan Dana Pensiun, saya bilang “jangan risau!”. Kita bisa membuat Dana Pensiun sendiri. Bukan hanya itu, dengan perencanaan keuangan yang tepat, bahkan Dana Pensiun pribadi bisa lebih tinggi imbal hasilnya daripada orang-orang yang sudah mendapatkan Dana Pensiun dari kantornya.

Jika Anda termasuk yang sudah mendapat Dana Pensiun dari kantor. Pertanyaannya, berapa prosen sih, alokasi Dana Pensiun yang diambil dari gaji Anda, jangan-jangan tidak sampai 10% dari penghasilan Anda. Ingat, Jamsostek hanya mengambil 2% persen dari gaji Anda untuk disimpan sebagai Dana Pensiun!

Lantas, bandingkan dengan besar pengeluaran Anda tiap bulan? Masih yakin, tidak ingin membuat Dana Pensiun pribadi? Anda yakin pada saat Anda pensiun, uang pensiun Anda akan mampu mencukupi gaya hidup Anda?

Bagaimana jika Anda wiraswasta dan memiliki beberapa karyawan? Karena Anda wiraswasta (atau pengusaha), saya yakin pemikiran Anda sudah maju ke depan di bandingkan saya dan teman-teman, tentunya Anda lebih pintar dari saya soal Investasi, tapi bagaimana dengan karyawan Anda? Saya sarankan, agar karyawan Anda juga “dididik” akan pentingnya Dana Pensiun, sehingga setidaknya, saat perusahaan Anda goyah, karyawan Anda akan tetap menjalani masa tua dengan tenang.

Untuk kalian yang masih kuliah? Tanya deh ke diri Anda, uang Rp 100 ribu tiap bulan, kalian habiskan untuk apa? Untuk ukuran kota Jogja, uang Rp 100 ribu saya habiskan untuk ke bioskop dan jajan. Habis!

Bagaimana jika mulai sekarang kita semua belajar “melek financial”, uang Rp 100 ribu yang habis dalam satu hari dihabiskan saja untuk investasi, satu bulan cukup seratus ribu rupiah. Lalu lihat hasilnya 3-5 tahun lagi, saat semua teman-teman sibuk melamar pekerjaan, uang yang kalian investasikan bisa dipakai untuk modal buka usaha. Keren kan!

Jadi, mau menikmati pensiun yang nyaman atau tua dengan terjerat kesulitan finansial? Itu semua tergantung pilihan Anda ;-) 

Happy Investing!

0 komentar:

Post a Comment

berkomentarlah ;-)

 
© Copyright 2013 pacarkecilku