Monday, July 14, 2014

Confession About My Money; Noviana Intan Dewi


Noviana Intan Dewi. Foto diambil di Songkla Restoran Sleman DIY
Ini dia “July Winner” kita, namanya Intan. Intan adalah salah satu murid saya jaman mahasiswa. Kala itu, saya masih belum punya pekerjaan tetap, mengajar di beberapa tempat untuk anak-anak SMA buat mengikuti ujian tertulis masuk Universitas. Nah, Intan ini salah satu murid saya.

Dulu murid, sekarang teman! Intan ini termasuk salah satu teman piknik saya ;-)

Intan lahir di Sleman, pada tanggal 4 November. Cewek berzodiak Scorpio ini, sangat menyukai dunia fashion dibandingkan teman-teman seumurannya. Lulus dari SMA N 1 Sleman pada tahun 2009, kemudian dilanjutkan ke Pendidikan Teknik Busana UNY.

Berikut hasil obrolan singkat saya dengan Intan.

Apa kegiatan sekarang?

Menyusun skripsi ;-)

Masih ingat tidak, berapa penghasilan pertamamu dan waktu itu uangnya untuk apa?

Aku pernah part time sekali di catering tetanggaku, sebagai cook helper, malamnya jadi pramusaji, kerja sehari dibayar Rp 50 ribu.

Waktu liburan semester, dari semester 2 ke semester 3, pernah part time di Nikkou Ramen 2 bulan. Pernah jualan pulsa waktu awal kuliah, tapi bangkrut gara-gara teman-teman pada hutang dan tidak bayar-bayar.

Honor part time di Catering, uangnya langsung untuk beli sepatu. Yang part time di Nikkou Ramen, uangnya untuk traktir teman-teman dan beli baju. Kalau yang berjualan pulsa, untungnya untuk jajan saat istirahat kuliah.

Tiap bulan, biaya pengeluaran paling besar untuk apa?

Makan dan transport, karena kalau tidak ada yang jemput, aku naik bis umum atau Transjogja lanjut ojek dari terminal Jombor ke rumah.

Dari uang tiap bulan, bisa nabung tidak?

Kadang bisa, kadang tidak. Tidak tentu. Apalagi kalau dulu masih banyak kuliah praktik, uang yang harusnya ditabung jadi korban praktik kuliah.

Kalau bisa nabung, biasanya nabung di awal atau di akhir bulan?

Di awal bulan. Uang yang akan di tabung di sisihkan dulu, kalau di tengah bulan ada keperluan mendadak dan kondisi keuangan tidak memungkinkan, uangnya dipakai. Tapi kalau lancar sampai akhir bulan, di masukkan ke dalam celengan.

Biasanya aku menyisihkan Rp 100 ribu di awal bulan, untuk ditabung atau option kedua untuk dana darurat militer.

Kenapa tertarik ikut arisan emas?

Karena sudah tidak ada kuliah praktik jadi uangnya bisa ditabung. Nah, daripada terpakai jajan lebih baik ikut arisan, jadi ada sesuatu yang mengikat dan mengharuskan buat save money.

Rencananya kalau menang arisan, emasnya untuk apa?

Awalnya tidak tahu untuk apa, pilihannya akan kuberikan pada ibuku atau uti (nenek)-ku, setelah kupikir-pikir, emasnya akan kupakai untuk cadangan modal usaha.

Punya tidak, hobby yang menguras tabungan?

Ada! Hobby 2J = Jajan+Jalan-jalan dan hobby beli kain ;-)

Kain untuk apa?

Kain untuk dibuat baju atau sekedar koleksi. Tapi pada akhirnya jadi koleksi karena tidak kunjung jadi membuat bajunya ;|

Bagaimana pengetahuanmu tentang investasi?

Hanya tahu sedikit waktu pelajaran di SMA.

Memang kamu ingin membuat usaha apa?

Ingin bikin online shop yang jual barang-barang buatanku sendiri. Huehehe ;-)

Obsesi Intan ke depan apa?

Ingin menciptakan industry kreatif, biar bisa bikin lapangan kerja untuk masyarakat sekitar. Ya, didoakan saja diberikan yang terbaik oleh Tuhan. Amiin.

*Noviana Intan Dewi. July 2014. Pemenang ke-4 Arisan Emas Antam. Pemilik resmi akun Twitter @Intand_Dewi. Selamat Berkenalan ;-)

0 komentar:

Post a Comment

berkomentarlah ;-)

 
© Copyright 2013 pacarkecilku