Monday, May 19, 2014

Kebun Emas


Foto diambil di sini.
Beberapa teman selalu bertanya, “seperti apakah metode Berkebun Emas?”. Kebun Emas merupakan metode untuk memiliki beberapa keping emas dengan memanfaatkan instrument gadai.

Bagaimana caranya?

Pertama, gunakan dana yang Anda miliki untuk membeli emas. Gadaikan emas itu dengan nilai taksir 80 persen. Selanjutnya, gabungkan sisa uang yang dimiliki dengan uang hasil pinjaman gadai untuk membeli emas berikutnya. Lakukan langkah ini secara berulang, sesuai kemampuan. Jarak antarlangkah itu tergantung kondisi financial, bisa setahun, sebulan, atau bahkan sehari.

Catatan penting:

  1. Agar investasi optimal, cari bank syariah dengan biaya titip rendah, meski nilai pinjamannya tidak besar. Biaya titip hendaknya tidak melebihi 1% dari harga emas pasaran.
  2. Jangka waktu gadai maksimum 4 bulan dan bisa diperpanjang bila belum ada uang untuk melunasinya.
  3. Pada pegadaian, beban membayar bunga dan utang pokoknya pada bulan keempat. Pada bank syariah, bunga dianggap riba sebagai gantinya dikenakan biaya titip, yakni biaya kompensasi untuk bank dalam menjaga emas Anda.
  4. Saat ingin memanen kebun emas, sebaiknya menjual emas terakhir yang ada di tangan Anda. Hasil penjualan bisa untuk menebus emas yang ada di bank.
  5. Prinsipnya, ketika harga emas naik, utang tidak bertambah.
Cara ini dianggap sangat menarik oleh beberapa orang, karena jika Anda tahu trik rahasianya, Anda bisa mendapat banyak keping emas dengan bermodalkan dana sedikit.

Yang harus kalian ingat adalah return tinggi artinya resiko tinggi. Buat pemula, saya tidak menyarankan metode ini. Sangat berbahaya jika Anda melakukan sesuatu yang tidak Anda pahami dengan baik. Tapi jika tetap ingin mencobanya, resiko ditanggung penumpang! ;-)

Happy Investing!

0 komentar:

Post a Comment

berkomentarlah ;-)

 
© Copyright 2013 pacarkecilku